Selasa, 27 Maret 2012

Pentingnya BHP

Diposting oleh Nur Mala Il Ala di 06.15

Alhamdulillaah, tadi udah ujian MDE DMSnyaa.. yah seperti ujian-ujian sebelumnya (kecuali NBSS, walau ternyata nilainya ga bagus juga), bisanya segitu-segitu aja, walau ga separah EMS sih, hha..
Teruus, besok itu ujian BHP, trus bingung mau belajar darimana, soalnya lecturenya cuma sekali, yang lainnya presentasi dari mahasiswa.. sebelum-sebelumnya juga gitu sih, dan di akhir smester 3 kemaren aku baru tau kalau slide BHP 2009 itu banyak dan ujiannya pada darisitu, ckckck..

Well walaupun gitu, aku bersyukur banget di FK Unpad itu ada pelajaran BHP sepanjang tahun, dan menurut aku itu jadi salah satu keunggulan FK Unpad juga.
Kenapa?
Soalnya menurut aku, dengan biasa mikirin BHP di tiap kasus, kita jadi terbiasa dengan pentingnya informed consent ataupun hal-hal lainnya yang berhubungan dengan etik kedokteran. Aku agak ga kebayang aja gimana kalau di FK lainnya yang belajar ttg etiknya cuma di tahun pertama. Abis pasti kalau udah capek belajar ttg yang lainnya, hati kya udah mati, dan penyegar atau pengingatnya ya BHP. Terus kalau menurutku, etik itu sesuatu yang harus dibiasakan, ga bisa cuma dipelajarin sebentar atau dalam satu waktu doang. Jadi mungkin bisa diusulin di RUU Dikdok tentang pelajaran BHP ini. Tapi sayang aku belum baca sampe abis sih RUUnya..

Well, semoga bermanfaat, dan semoga semua dokter dan calon dokter bisa menjadi dokter yang bener-bener baik, bermanfaat bagi banyak orang, bener-bener memenuhi 7star doctor, amiin =)

0 komentar on "Pentingnya BHP"

Posting Komentar

 

LightintheSora Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal